Monday, October 20, 2014

Band yang menghina negara lewat lagu

Band yang menghina negara lewat lagu | Band yang mengkritik pemerintah sudah biasa kita lihat diberbagai negara. Lewat lagu mereka mencoba melawan peraturan-peraturan pemeritah yang dianggap merugikan masyarakat. Lewat lagu juga para musisi mengekspresikan kekecewaannya terhadap sebuah kepemimpinan, yang dinilai hanya mampu diraih oleh segelintir orang.

Namun hanya sedikit musisi yang justru mengkritik sebuah negara atau bangsa. Lataran kebiasaan atau adat isti adatnya. Tidak banyak band yang berani mengkritik negara karena termasuk hal yang sensitif. Pasalnya sebuah bangsa memang memiliki peradaban sendiri yang berbeda, yang sebenarnya tidak berhak dikritik oleh siapa pun.

Band yang menghina negara lewat lagu

Lalu siap sajakah band yang berani melakukan kritik kepada sebuah bangsa atau negara? Yang pertama adalah Navicula. Band ini menyebut Indonesia sebagai negara yang frustasi karena maraknya korupsi. Apa yang dikatakan Navicula memang benar, Indonesia memang dihadap banyak korupsi. Namun tidak berarti rakyatnya lantas frustasi.

Kedua adalah Koil yang menyebut Indonesia sebagai negara busuk. Entah apa yang mendasari Koil berkata seperti itu, namun mereka menganggap Indonesia sangat kacau dan hampir sama dengan sampah. Ketiga adalah slank yang menyebut Indonesia sebagai negara kacau balau. Ketiga band tersebut mungkin benar disalah satu sisi.

Namun tidak seharusnya mereka menghina sebuah bangsa, atas nama kritik. Saran yang membangunlah yang justru harusnya dilakukan. Yang menginspirasi masyarakat untuk berbuah lebih baik. Jika anda berniat mengkritik sebuah bangsa. Sebaiknya pikirkan masak-masak, jangan sampai ada pihak yang tidak bersalah merasa tesinggung.

Beli keyboard, gitar atau piano untuk melatih kemampuan anda menciptakan lagu. Berilah inspirasi yang bagus untuk masyarakat agar terus bertumbuh dan berkembang. Tidak hanya memikirkan buruknya negeri ini.

No comments:

Post a Comment